Silahkan Log In

Please enter your username and password to enter your Blogger Dasboard page!


Widget edited by Anang

Kamis, 30 Juli 2009

Mencegah Kanker Kulit Dengan Menutup Aurat

Oleh : dr. Aniek Rachmawati

Kulit tubuh kita memiliki fungsi yang begitu berharga. Diantara fungsinya ialah melindungi tubuh dari panas, sinar, infeksi, dan injuri. Kulit juga berfungsi untuk menyimpan air, lemak, dan vitamin D.
(sumber: National Cancer Institute PDQ Statement)

Lalu, bagaimana jika kulit kita yang multi fungsi itu terserang kanker (yang lazim disebut dengan kanker kulit)?
Kanker kulit adalah salah satu bentuk penyakit kulit berupa sel kanker yang tumbuh pada lapisan luar pada kulit.

Apa Penyebabnya?
Diantara faktor yang menjadi pemicu munculnya kanker kulit ini adalah sinar matahari dan ultraviolet. Kedua sinar ini bersifat merusak. Dan kerusakan itulah yang bisa berlanjut menjadi kanker. Selain itu, faktor lain seperti herditas atau genetik dan lingkungan tempat tinggal juga ikut berpengaruh terhadap munculnya penyakit yang lumayan berbahaya ini.
Dua hal yang mempengaruhi kerusakan kulit akibat sinar matahari ini ialah terlalu banyaknya sinar yang diterima kulit selama bertahun-tahun, dan seringnya expose dengan sinar matahari. Hal itu menyebabkan terbakarnya kulit sehingga terjadilah kanker kulit. Umumnya manusia menerima 80% paparan terhadap sinar matahari pada usia 18 tahun kehidupan. Karena itu dianjurkan untuk memproteksi anak-anak dari sinar matahari sejak usia dini.
Kanker kulit berkembang sangat lambat. Efek terbakarnya kulit oleh sinar matahari yang kita terima minggu ini membutuhkan waktu selama 20 tahun untuk menjadi kanker kulit.

Faktor Hereditas
Faktor keturunan (hereditas) juga berpengaruh terhadap munculnya kanker kulit. Riwayat kanker kulit bawaan dari keluarga dapat meningkatkan kemungkinan makin risiko terkena. Orang berkulit terang dengan keturuna bagian utara Eropa mempunyai faktor lebih besar.

Bahaya Sinar Ultraviolet
Level sinar ultraviolet saat ini lebih tinggi dari 50 atau 100 tahun yang lalu. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya lapisan ozon dari atmosfer bumi. Ozon berfungsi sebagai filter untuk menyaring sejumlah sinar ultraviolet yang masuk ke permukaan bumi. Dengan makin tipisnya ozon pada atmosfer maka makin tinggi pula tingkat sinar ultraviolet yang masuk ke permukaan bumi. Satu faktor yang dapat mengurangi intensitas sinar ultraviolet yang sampai ke bumi ialah awan di langit.

Mengurangi Risiko Kanker Kulit
Ada beberapa langkah yang telah direkomendasikan oleh American Academi of Dermatology dan Skin Cancer Foundation untuk mengurangi risiko kanker kulit, berikut uraiannya:
 Minimalkan expose dengan sinar matahari pada tengah hari, antar pagi jam 10.00 hingga 15.00.
 Pakailah sunscreen dengan sedikitya SPF-15 atau lebih tinggi ke seluruh bagian tubuh yang ter-expose sinar matahari.
 Oleskan lagi sunscreen setiap 2 jam, bahkan saat cuaca mendung sekalipun. Ulangi setelah berenang dan berkeringat.
 Pakailah pakaian yang menutup tubuh dan wajah (topi juga dianjurkan sebagai pelengkap untuk menutup dua bagian sekaligus, yaitu wajah dan leher)
 Hindari expose dengan radiasi ultraviolet pada lampu.
 Lindungi anak-anak dari paparan sinar matahari yang sangat menyengat pada jam 10.00 (pagi) hingga jam 15.00
 Gunakan sunscreen hanya untuk anak usia 6 bulan ke atas. Anak-anak usia 6 bulan ke bawah harus dihindarkan dari paparan sinar pada jam ini.

Menutup Aurat, Sebuah Solusi
Dari fakta ilmiah yang ditulis oleh ilmuwan yang notabene orang barat itu, secara jelas dan nyata dapat disimpulkan bahwa menutup aurat secara syar’I benar-benar telah melindungi kaum muslimin (khususnya muslimat) dari bahaya khususnya kanker kulit. Hal yang sangat mereka (orang kafir) tentang habis-habisan justru ternyata mereka buktikan sendiri bagian manfaatnya bagi manusia. Bahkan, mereka sendiri membuat rekomendasi agar menutup tubuh guna melindunginya dari paparan sinar matahari. Kian hari lapisan ozon makin tipis, dan risiko terserang kanker kulit bertambah tinggi.

Comments :

0 komentar to “Mencegah Kanker Kulit Dengan Menutup Aurat”


Posting Komentar

Suka dengan artikel blog ini, masukkan aja emailnya...

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Komentar terakhir